Naskah Drama Terdampar

Naskah Drama Terdampar Karya Slawomir Mrozek

Naskah Drama Terdampar Karya Slawomir Mrozek Silakan unduh dan baca naskah drama “Terdampar” yang merupakan karya menakjubkan dari Slawomir Mrozek. Dengan membaca naskah ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan wawasan mendalam tentang dinamika karakter dan plot yang kompleks, tetapi juga dapat menemukan berbagai ide inspiratif untuk menciptakan pertunjukan teater yang memukau di tempat Anda. Semoga naskah ini dapat memicu kreativitas dan memberikan panduan berharga dalam proses produksi teater Anda. Jangan ragu untuk mengeksplorasi setiap elemen dari karya ini, dan biarkan “Terdampar” menjadi sumber inspirasi yang bermanfaat bagi proyek teater Anda yang akan datang. Oleh karena itu, kami, sebagai Bandar Naskah, dengan bangga menyediakan BANK NASKAH DRAMA khusus untuk teman-teman pegiat teater di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa melalui penyediaan naskah drama yang berkualitas, kami dapat mendukung dan memajukan dunia teater di tanah air. Selain itu, kami juga membuka kesempatan bagi penulis naskah terbaru yang ingin membagikan karyanya kepada publik. Jika Anda adalah seorang penulis yang memiliki naskah drama yang belum di publikasikan atau karya lama yang perlu mendapatkan perhatian lebih, kami sangat menyambut kesempatan untuk mendistribusikan naskah Anda melalui laman kami. Untuk itu, silakan hubungi kami melalui email di jejakteater@gmail.com. Kami siap membantu Anda dalam proses publikasi dan distribusi naskah drama Anda agar lebih di kenal oleh khalayak luas. Dengan demikian, kami berharap Anda dapat memanfaatkan layanan BANK NASKAH DRAMA kami dengan sebaik-baiknya dan terus berkontribusi pada perkembangan dunia teater di Indonesia. CUPLIKAN TERDAMPAR KEJADIAN INI MERUPAKAN DRAMA SATU BABAK DENGAN SET DEKOR YANG MENGGAMBARKAN SEBUAH GUNDUKAN KARANG DI TENGAH LAUTAN. TIGA ORANG YANG TERDAMPAR DENGAN PAKAIAN CELANA HITAM DAN BAJU PUTIH, LENGKAP DENGAN DASI YANG MASIH TERGANTUNG DI LEHERNYA SERTA SAPUTANGAN YANG MASIH MENONJOL DI SAKU JASNYA. KETIGANYA SEDANG DUDUK DI KURSI. DI SEBELAHNYA TERDAPAT PULA SEBUAH KOPOR YANG BESAR   GENDUT Saya lapar. SEDANG Sayapun ingin makan. KURUS Apakah persediaan makanan telah habis semua? GENDUT Seluruh makanan persediaan habis. Tak ada yang tersisa sedikitpun. KURUS Saya kira masih ada saus sedikit dan kacang buncis. GENDUT Tak ada lagi … SEDANG Saya hanya ingin makan sesuatu. GENDUT “Sesuatu?” Saudara2ku, kita harus melihat kenyataan. Apa yang kita inginkan sebenarnya merupakan … KURUS Kau katakan bahwa persediaan makanan telah habis. Lalu apa yang kau pikirkan?   SELANJUTNYA SILAHKAN download NASKAH DRAMA TERDAMPAR KARYA SLAWOMIR MROZEK

BACA SELANJUTNYA »
NASKAH DRAMA TITIK-TITIK

NASKAH DRAMA TITIK-TITIK HITAM Karya: Nasyah Djamin 1956

NASKAH DRAMA TITIK-TITIK HITAM Karya: Nasyah Djamin 1956 Naskah drama yang berjudul “Titik-Titik Hitam”, karya Nasyah Djamin yang dipublikasikan pada tahun 1956, merupakan sebuah karya sastra yang sangat berharga. Selain itu, naskah ini menawarkan pandangan mendalam tentang dinamika sosial dan psikologis pada era tersebut. Dengan demikian, “Titik-Titik Hitam” bukan hanya sekadar hiburan, tetapi juga sebuah karya yang menggugah pemikiran dan menantang pembaca untuk merenungkan berbagai aspek kehidupan. Oleh karena itu, kami, sebagai Bandar Naskah, dengan bangga menyediakan BANK NASKAH DRAMA khusus untuk teman-teman pegiat teater di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa melalui penyediaan naskah drama yang berkualitas, kami dapat mendukung dan memajukan dunia teater di tanah air. Selain itu, kami juga membuka kesempatan bagi penulis naskah terbaru yang ingin membagikan karyanya kepada publik. Jika Anda adalah seorang penulis yang memiliki naskah drama yang belum di publikasikan atau karya lama yang perlu mendapatkan perhatian lebih, kami sangat menyambut kesempatan untuk mendistribusikan naskah Anda melalui laman kami. Untuk itu, silakan hubungi kami melalui email di jejakteater@gmail.com. Kami siap membantu Anda dalam proses publikasi dan distribusi naskah drama Anda agar lebih di kenal oleh khalayak luas. Dengan demikian, kami berharap Anda dapat memanfaatkan layanan BANK NASKAH DRAMA kami dengan sebaik-baiknya dan terus berkontribusi pada perkembangan dunia teater di Indonesia. CUPLIKAN TITIK-TITIK HITAM Para Pelaku:             ADANG HARTATI / ISTRI ADANG TRISNO / ADIK ADANG RAHAYU / ADIK HARTATI IBU / IBU HARTATI + RAHAYU GUN   (Peristiwa terjadi di ruang depan rumah Adang. Dan sasaran penempatannya menunjukkan si penghuni memahami selera moderen, sederhana dan bersih. Di dinding bergantungan lukisan-lukisan. Di sebuah sudut kamar, terpampang sebuah potret lukisan Hartati di atas standar. Lukisan ini baru selesai muka dan lehernya, bagian lainnya baru merupakan sket saja. Ketika itu malam baru tiba, di luar hujan turun. Ruangan terbenam dalam suasana suram. Di sebuah dipan duduklah ibu diam tunduk sebagai orang bersemadi. Suara langkah Adang yang mondar mandir itu terasa kosong lengang. Ia gelisah. Seketika Adang terhenti di depan pintu kamar Hartati yang tertutup rapat, ada tergerak ia hendak membuka, tapi demi ia sadar dan berpaling, matanya beradu dengan mata ibu yang kini memperhatikannya. Pintu tak jadi dibukanya, Ia mondar mandir lagi. Cekung kurus dan letih ia kelihatan dengan jambangnya, kumis dan janggut yang tak cukur beberapa hari itu, dan Ibu yang tidak tahan mendengar suara langkahnya itu menegur). IBU                             :  Kenapa kau tidak pergi tidur dulu? (Adang hanya tertegun sedikit, lalu mondar mandir lagi. Ibu menuruti dengan mata ada terbayang kesalnya). IBU                             :  Jangan mondar mandir begitu, Adang! ADANG                      :  Apa kata Ibu? IBU                             :  Jangan mondar mandir, kubilang! (Adang memandang ibu dengan tak senang. Ia meneruskan langkah-langkahnya sebagai menantang). IBU                             :  Adang ! ADANG                      :  Jadi aku mesti bagaimana. IBU                             :  Jangan seperti orang linglung. Berbuatlah apa-apa. ADANG                      :  Aku sedang berbuat apa-apa sekarang. (Ia mondar mandir lagi dengan lebih tidak peduli). IBU                             :  Dengar Adang. Pergi kau tidur sekarang, atau pergilah kemana saja, asal pergi dari sini. Bisa gila aku melihatmu begitu! SELANJUTNYA SILAHKAN download NASKAH DRAMA TITIK-TITIK HITAM Karya: Nasyah Djamin 1956

BACA SELANJUTNYA »
Naskah Drama TUK Mata Air

NASKAH DRAMA TUK mata air

Naskah Drama TUK Mata Air Karya: Bambang Widoyo SP Terjemahan: Gunawan Maryanto / Andi SW Silakan unduh dan baca naskah drama ini. Dengan membaca karya ini, Anda dapat menemukan berbagai ide dan inspirasi yang mungkin sangat berguna untuk pembuatan pertunjukan teater di tempat Anda. Selain itu, naskah ini menawarkan perspektif baru yang dapat memperkaya pengalaman teater Anda. Semoga karya ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam tetapi juga mendorong kreativitas dalam penyelenggaraan acara teater di komunitas Anda. Oleh karena itu, kami, sebagai Bandar Naskah, dengan bangga menyediakan BANK NASKAH DRAMA khusus untuk teman-teman pegiat teater di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa melalui penyediaan naskah drama yang berkualitas, kami dapat mendukung dan memajukan dunia teater di tanah air. Selain itu, kami juga membuka kesempatan bagi penulis naskah terbaru yang ingin membagikan karyanya kepada publik. Jika Anda adalah seorang penulis yang memiliki naskah drama yang belum di publikasikan atau karya lama yang perlu mendapatkan perhatian lebih, kami sangat menyambut kesempatan untuk mendistribusikan naskah Anda melalui laman kami. Untuk itu, silakan hubungi kami melalui email di jejakteater@gmail.com. Kami siap membantu Anda dalam proses publikasi dan distribusi naskah drama Anda agar lebih di kenal oleh khalayak luas. Dengan demikian, kami berharap Anda dapat memanfaatkan layanan BANK NASKAH DRAMA kami dengan sebaik-baiknya dan terus berkontribusi pada perkembangan dunia teater di Indonesia.   CUPLIKAN TUK Mata Air PELAKU Naskah Drama TUK Mata Air: Mbah Kawit Lik Bismo Marto Krusuk Soleman Lempit Bibit Mbok Jemprit Romli Isteri Romli Mbok Jiah Menik   MAGERSAREN SORE HARI ANAK-ANAK SUDAH PADA MASUK RUMAH, TIDAK TAMPAK LAGI BEMAIN DI HALAMAN. SEBAGIAN PADA KELUAR, KE RUMAH TETANGGA, NUMPANG NONTON TELEVISI. ROMLI TUKANG JAHIT, SALAH SEORANG PENGHUNI MAGERSAREN LAGI SUNTUK  MENYELESAIKAN JAHITAN PESANAN, MENJAHIT CELANA. MARTO KRUSUK BERTERIAK-TERIAK MENCARI CUCUNYA YANG BELUM PULANG DARI MAIN. LIK BISMO TAMPAK BARU SAJA PULANG DARI MENJAJAKAN MAINAN, MASUKPEKARANGAN SAMBIL MENUNTUN SEPEDANYA. BONCENGANNYA PENUH DENGAN DAGANGAN YANG BERGELANTUNGAN. SUARA BEL SEPEDANYA BERDERING, JADI PENANDA WAKTU BAGI WARGA MAGERSAREN KALAU LIK BISMO SUDAH PULANG. MBAH KAWIT YANG SEDANG MENYAPU HALAMAN, BURU-BURU MENYAMBUT LIK BISMO, TAPI KEDUA ORANG TUA ITU BERHENTI SEJENAK, JENGAH, MENDENGAR SUARA ORANG BERANTEM DARI DALAM KAMAR BELAKANG, DARI DALAM RUMAH ROMLI. BERKEROMPYANG SUARA BARANG PECAH BELAH, SUARA PERKAKAS DIBANTINGI, DIKEPRUKI. ROMLI KAGET.   ROMLI (BERTERIAK) Sum, Suuummm!!! Kamu kenapa? Nyari apa? MARTO KRUSUK KELUAR DARI RUMAHNYA, CELINGAK-CELINGUK SAMBIL MASIH BERTERIAK-TERIAK MENCARI CUCUNYA. MARTO KRUSUK Genjik! Njik, Genjik! Di mana anak ini? Mbah, Mbah Kawit, lihat Genjik? MBAH KAWIT Lihat tivi di rumah Nyah Bawang. Nonton Maria Cinta yang Hilang MARTO KRUSUK Lik, Lik Bismo, lihat Genjik? LIK BISMO Nonton apa itu… Hilangnya Maria. SUARA PECAH BELAH DIBANTING MAKIN MENJADI. LIK BISMO (MENOLEH KE RUMAH ROMLI) Baratayuda lagi… RAMAI URING-URINGAN SEPERTI ITU SUDAH LUMRAH. MARTO KRUSUK TIDAK PEDULI, KELUAR DARI RUMAH MENYUSUL GENJIK YANG KATANYA MASIH MAIN DI JALAN. MBAH KAWIT MELIHAT RUMAH ROMLI DARI KEJAUHAN. LIK BISMO KEMBALI MENUNTUN SEPEDANYA, PELAN-PELAN MELANJUTKAN PERJALANAN MENUJU PONDOKANNYA. ISTERI ROMLI MASIH TERIAK-TERIAK SAMBIL MEMBANTING PERKAKAS. MARAH SEKALI. WAJAHNYA MERAH PADAM, KELUAR DARI KAMAR MELABRAK SUAMINYA. SELANJUTNYA SILAHKAN download

BACA SELANJUTNYA »
NASKAH DRAMA TUMIRAH

NASKAH DRAMA TUMIRAH (Sang Mucikari)

NASKAH DRAMA TUMIRAH (Sang Mucikari) Karya Seno Gumira Ajidarma Naskah drama ini merupakan karya dari Seno Gumira Ajidarma, yang di ketik ulang dari buku “Mengapa Kau Culik Anak Kami?” karya penulis yang sama. Buku ini di terbitkan oleh Galang Press, Yogyakarta pada tahun 2001. Hak cipta dari karya ini sepenuhnya di miliki oleh Seno Gumira Ajidarma dan Galang Press. Pementasan Tanpa Batasan dan Royalti Menariknya, naskah sandiwara Tumirah (Sang Mucikari) ini boleh dipentaskan oleh siapa saja tanpa perlu meminta izin dari penulis dan tanpa di kenakan biaya royalti, asalkan pementasan tersebut tidak melibatkan penjualan tiket. Lebih dari itu, royalty buku dan pementasan yang menjadi hak penulis di alokasikan untuk korban kekerasan negara, sebagai bentuk solidaritas terhadap mereka yang mengalami ketidakadilan. Unduh dan Jadikan Inspirasi Jangan ragu untuk mengunduh dan membaca naskah ini. Semoga karya ini bisa menjadi sumber inspirasi yang berharga dalam menyusun pertunjukan teater di tempat Anda. Dengan demikian, Anda tidak hanya memperkaya diri dengan literasi yang mendalam, tetapi juga berkontribusi pada pelestarian budaya dan seni teater di Indonesia. Oleh karena itu, kami, sebagai Bandar Naskah, dengan bangga menyediakan BANK NASKAH DRAMA khusus untuk teman-teman pegiat teater di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa melalui penyediaan naskah drama yang berkualitas, kami dapat mendukung dan memajukan dunia teater di tanah air. Selain itu, kami juga membuka kesempatan bagi penulis naskah terbaru yang ingin membagikan karyanya kepada publik. Jika Anda adalah seorang penulis yang memiliki naskah drama yang belum di publikasikan atau karya lama yang perlu mendapatkan perhatian lebih, kami sangat menyambut kesempatan untuk mendistribusikan naskah Anda melalui laman kami. Untuk itu, silakan hubungi kami melalui email di jejakteater@gmail.com. Kami siap membantu Anda dalam proses publikasi dan distribusi naskah drama Anda agar lebih di kenal oleh khalayak luas. Dengan demikian, kami berharap Anda dapat memanfaatkan layanan BANK NASKAH DRAMA kami dengan sebaik-baiknya dan terus berkontribusi pada perkembangan dunia teater di Indonesia.   Dramatic Personae TUMIRAH MINAH TUMINI LASTRI PARA PELACUR SUKAB ROMBONGAN PENARI NINJA-NINJA PARA PERONDA ORANG-ORANG PENGACARA WARTAWAN POLISI HAKIM JAKSA MAHMUD INTEL   CUPLIKAN TUMIRAH (Sang Mucikari) BABAK I PANGGUNG ADALAH RUMAH BORDIR DI PINGGIR HUTAN, TERLETAK DI SEBUAH MEDAN TEMPUR. PASUKAN PEMERINTAH MAUPUN PARA GERILYAWAN MENJADI LANGGANAN MEREKA. RUMAH-RUMAH BORDIL ITU HANYA BERPINTU KAIN DAN BERATAP RUMBIA, DINDINGNYA KOMBINASI GEDEK DAN KAYU. MESKIPUN SEDERHANA, RUMAH-RUMAH BORDIL ITU ROMANTIS DAN ARTISTIK, MUNGKIN KARENA LAMPUNYA YANG REMANG-REMANG. SEGALANYA REMANG-REMANG DI RUMAH BORDIL. DI SAMPING KAMAR-KAMAR, TERDAPAT JUGA RUANG UNTUK MAKAN, MINUM DAN AJOJING. SAYUP-SAYUP TERDENGAR LAGU DANGDUT DARI RADIO. MALAM ITU, DI PINTU-PINTU, DI JENDELA, DI BANGKU PANJANG DI LUAR RUMAH, DI MANA PUN, BETEBARAN PARA PELACUR. DANDANAN MEREKA MENOR, NAMUN SEMUA BUSANA TERDIRI DARI KAIN DAN KEBAYA ATAU KUTANG DENGAN RAMBUT TIDAK DISANGGUL, RAMBUT MEREKA TERURAI, RATA-RATA PANJANG. MEREKA SEMUA EKSOTIK, CANTIK DAN LANGSING. DI ANTARA MEREKA TERDAPATLAH TUMIRAH; KAIN DAN KEBAYANYA MERAH, RAMBUTNYA TERURAI. MESKI USIANYA 40 TAHUN, IA TETAP SEORANG WANITA YANG MEMPUNYAI KELAYAKAN MENJUAL DIRI. TERDENGAR TEMBAK MENEMBAK DI KEJAUHAN. PARA PELACUR ITU SALING MEMANDANG, MESKIPUN TAMPAK TIDAK TERLALU TERKEJUT.   TUMIRAH Mereka mulai lagi. Di mana sih mereka bertempur?   MINAH Di bukit-bukit sebelah timur, Mbak. Gerilyawan memancing pasukan pemerintah yang berpatroli di dalam hutan, sampai bukit-bukit itu mereka dikepung.   TUMIRAH Kemarin mereka bertempur di bukit-bukit sebelah barat, kan?   MINAH Kemarin itu gerilyawan yang terpancing Mbak, mereka tidak bisa kembali ke hutan dan dibantai habs disitu.   TUMIRAH Heran. Senang sekali sih saling tembak begitu? Mending kalau masih anak-anak. Ini sudah besar-besar, komandannya saja malah sudah beruban. Yang pasukan pemerintah, yang gerilyawan, sama saja. Menganggap perang adalah sesuatu yang benar, hebat, wajib, tugas ksatria taik kucinglah. Bertempur terus hamper setiap hari. Katanya zaman semakin maju, kok manusia tidak tambah pinter; masih terus saling membunuh seperti orang primitive. Heran. Kodok saja tidak begitu.   TUMINI Memangnya Mbak Tumirah mau jadi kodok?   TUMIRAH Gak mau, nanti digoreng sama kamu   TUMINI Saya sih mau menggoreng Mbak Tumirah, tapi di tempat tidur. SELANJUTNYA SILAHKAN download NASKAH DRAMA TUMIRAH (Sang Mucikari) Karya Seno Gumira Ajidarma

BACA SELANJUTNYA »
Naskah Drama Ular Betina

NASKAH DRAMA ULAR BETINA

Naskah Drama Ular Betina karya H. Adjim Arijadi adalah salah satu karya yang patut Anda baca. Segera unduh dan pelajari naskah ini. Semoga dapat memberikan inspirasi yang berharga dalam proses kreatif Anda, khususnya dalam menciptakan pertunjukan teater yang memukau di tempat Anda. Oleh karena itu, kami, sebagai Bandar Naskah, dengan bangga menyediakan BANK NASKAH DRAMA khusus untuk teman-teman pegiat teater di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa melalui penyediaan naskah drama yang berkualitas, kami dapat mendukung dan memajukan dunia teater di tanah air. Selain itu, kami juga membuka kesempatan bagi penulis naskah terbaru yang ingin membagikan karyanya kepada publik. Jika Anda adalah seorang penulis yang memiliki naskah drama yang belum di publikasikan atau karya lama yang perlu mendapatkan perhatian lebih, kami sangat menyambut kesempatan untuk mendistribusikan naskah Anda melalui laman kami. Untuk itu, silakan hubungi kami melalui email di jejakteater@gmail.com. Kami siap membantu Anda dalam proses publikasi dan distribusi naskah drama Anda agar lebih di kenal oleh khalayak luas. Dengan demikian, kami berharap Anda dapat memanfaatkan layanan BANK NASKAH DRAMA kami dengan sebaik-baiknya dan terus berkontribusi pada perkembangan dunia teater di Indonesia.   CUPLIKAN ULAR BETINA BABAK 1 ISTANA INTUKIA. KAISAR HARKEL, ISTERINYA MARTINA DAN ATNASIUS MARTINA     Memalukan ! ini benar-benar memalukan ! Atnasius! ANTASIUS    Hamba tuanku. MARTINA     Apakah kekalahan kita di Yarmuk, disebabkan oleh penghianatan. HARKEL         Martina, ratuku. Janganlah membuka medan laga yang baru Didalam negeri kita. Menduga-duga yang tidak mungkin, justru akan memberikan kesempatan kepada lawan untuk melumatkan kita menjadi tepung. MARTINA                Tapi tuanku sebagai seorang Kaisar dinegeri ini, tidakjuga mau menyadari atas kematian puluhan ribu prajurit kita, sementara prajurit Muslimin yang tidak seberapa jumlahnya itu mampu merebut kemenangan. Coba tuanku pikirkan, bala tentara Muslimin yang sedikit yang terdiri dari kaum budak dan fakir miskin itu, bisa mengalahkan perajurit kita yang gagah perkasa dan penuh kemewahan. HARKEL       Mungkin inilah akhir dari kekuasaanku di istana Antukia ini. Mungkin Suriah akan berpisah dengan kita. Mungkin tidak akan lama lagi. MARTINA     Tuanku, Seorang Kaisar tidak pantas berkata seperti itu ANTUNIUS     Memang benar. Tidak sepantasnyalah tuanku berputus asa. HARKEL       Kita berada pada pihak yang kalah. Dan apabila kita masih pasrah ditempat ini, maka dalam waktu dekat seluruh rakyat kita, akan serentak mencium telapak kakinya Umar Ibnu Khattab. Seluruh negeri kita akan menjadi budaknya raja arab itu. Islam benar-benar membuatku jadi muntah-muntah. PENGAWAL MUNCUL DENGAN MEMBERI HORMAT   SELANJUTNYA SILAHKAN download NASKAH DRAMA ULAR BETINA Karya H. Adjim Arijadi

BACA SELANJUTNYA »
NASKAH DRAMA UNIVERSITAS

NASKAH DRAMA UNIVERSITAS ORANG-ORANG MATI

NASKAH DRAMA UNIVERSITAS ORANG-ORANG MATI Oleh Irwan Jamal Jangan lewatkan kesempatan untuk mendalami karya luar biasa ini. Silahkan download dan baca secara seksama. Naskah drama ini dapat menjadi sumber inspirasi berharga bagi Anda yang tengah merencanakan pertunjukan teater di tempat Anda. Semoga keunikan dan kedalaman ceritanya memicu kreativitas dan ide-ide segar dalam proyek seni Anda berikutnya. Oleh karena itu, kami, sebagai Bandar Naskah, dengan bangga menyediakan BANK NASKAH DRAMA khusus untuk teman-teman pegiat teater di seluruh Indonesia. Kami percaya bahwa melalui penyediaan naskah drama yang berkualitas, kami dapat mendukung dan memajukan dunia teater di tanah air. Selain itu, kami juga membuka kesempatan bagi penulis naskah terbaru yang ingin membagikan karyanya kepada publik. Jika Anda adalah seorang penulis yang memiliki naskah drama yang belum di publikasikan atau karya lama yang perlu mendapatkan perhatian lebih, kami sangat menyambut kesempatan untuk mendistribusikan naskah Anda melalui laman kami. Untuk itu, silakan hubungi kami melalui email di jejakteater@gmail.com. Kami siap membantu Anda dalam proses publikasi dan distribusi naskah drama Anda agar lebih di kenal oleh khalayak luas. Dengan demikian, kami berharap Anda dapat memanfaatkan layanan BANK NASKAH DRAMA kami dengan sebaik-baiknya dan terus berkontribusi pada perkembangan dunia teater di Indonesia.   CUPLIKAN UNIVERSITAS ORANG-ORANG MATI EPISODE 1   KOOR (Bernyanyi) Pada mulanya universitas begitu indah di matanya. Pelangi di langit universitas berwarna cerah menampakkan diri saat hujan di siang hari. Dengan berpayung biru dia pergi ke universitas. Langkahnya tergesa tapi pasti. Sepatunya di semir. Pakaiannya bersih, rambutnya tersisir rapi. Dia mempunyai seorang tunangan, seorang dosen wanita, muda dan selalu gembira. Jika pelangi itu indah baginya maka senyum tunangannya ini lebih indah dari pelangi itu. Dia datang ke kelas dengan menggenggam buku-buku. Nyanyian gembira para mahasiswa di universitas bergema. Selamat siang Profesor kami, mata yang terang, kuping yang jernih, dengan ini kami belajar dan mimpi akan kami genggam. Usai mengajar dia pulang dan menghabiskan malam dengan melihat bintang bersama tunangannya. Tapi kini dia berdiri tidak di bawah pelangi. Dia tidak berdiri bersama tunangannya. Dia berdiri di bawah langit mendung dan asap mesiu yang menyengat hidung. Dia berdiri bersama ibunya. Tunangannya telah mati, juga bapaknya, juga adiknya. Di antara puing reruntuhan dia berdiri. Kini langit baginya adalah lukisan hitam. Tidak ada warna lagi. Dia berdiri di samping ibunya yang duduk menangis mengenggam air mata. Langkah kakinya menjadi ragu. Sepatunya kotor. Pakaiannya menjadi kumal, rambutnya tidak terurus. Nyanyian gembira tidak lagi ada.  Yang ada adalah nyanyian duka. Tangannya tidak lagi menggenggam buku. Kini dia berdiri mengenggam api. Dia hendak melangkah.   IBU TUA Anakku, Kamu telah mengganti buku di tanganmu dengan api. Anakku, perang telah berakhir. Puncak pertikaian yang paling menghancurkan sejarah peradaban manusia telah usai.   SELANJUTNYA SILAHKAN download NASKAH DRAMA UNIVERSITAS ORANG-ORANG MATI Karya Irwan Jamal

BACA SELANJUTNYA »
BANK NASKAH DRAMA DAN TEATER: MENGAPA ANDA MEMBUTUHKANNYA Dalam dunia seni pertunjukan, naskah drama dan teater menjadi elemen kunci yang tidak bisa di abaikan. Sebagai pilar utama dalam membangun cerita, karakter, dan alur, naskah ini memandu para aktor dan sutradara untuk menghidupkan sebuah karya di atas panggung. Tanpa naskah yang kuat dan terstruktur dengan baik, pertunjukan teater mungkin kehilangan arah dan dampaknya terhadap penonton.

H2: Apa Itu Bank Naskah Drama dan Teater?

Bank naskah drama dan teater adalah kumpulan naskah-naskah yang bisa di gunakan oleh para seniman teater, baik yang sedang mencari inspirasi maupun yang mempersiapkan produksi. Di dalam bank ini, Anda akan menemukan berbagai genre dan gaya naskah, mulai dari drama klasik hingga karya kontemporer. Dengan memiliki akses ke bank naskah, seniman memiliki kesempatan untuk menjelajahi berbagai narasi dan karakter yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

H3: Manfaat Memiliki Akses ke Bank Naskah Drama dan Teater

  1. Inspirasi Tanpa Batas:
    • Akses ke berbagai naskah memungkinkan seniman teater untuk mendapatkan inspirasi dari berbagai karya, baik yang klasik maupun modern. Ini memperkaya wawasan mereka tentang berbagai tema dan cara penggarapan cerita.
  2. Efisiensi dalam Produksi:
    • Dengan bank naskah, sutradara dan produser dapat dengan cepat menemukan naskah yang sesuai dengan visi mereka. Ini mempercepat proses pemilihan naskah, sehingga produksi dapat di mulai tanpa penundaan.
  3. Eksplorasi Gaya dan Genre:
    • Seniman teater dapat mengeksplorasi berbagai gaya penulisan dan genre teater. Hal ini tidak hanya menambah variasi dalam pertunjukan mereka, tetapi juga membantu mereka memahami dan menguasai berbagai teknik pementasan.
  4. Peluang Kolaborasi:
    • Bank naskah sering kali menjadi titik awal untuk kolaborasi antara penulis naskah, sutradara, dan aktor. Dengan banyaknya naskah yang tersedia, berbagai ide dan interpretasi baru bisa muncul, menciptakan karya yang unik dan menarik.

H2: Bagaimana Cara Memilih Naskah dari Bank Naskah?

Memilih naskah yang tepat memerlukan pemahaman mendalam tentang visi artistik yang ingin di capai. Pertimbangkan faktor-faktor berikut:
  1. Tema yang Relevan:
    • Pilih naskah yang memiliki tema relevan dengan penonton atau isu yang ingin di angkat. Tema yang kuat dapat menjadikan pertunjukan lebih bermakna dan mempengaruhi audiens secara emosional.
  2. Karakter yang Menarik:
    • Karakter yang kompleks dan menarik memberikan ruang bagi aktor untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka. Naskah yang baik harus mampu menggambarkan karakter dengan kedalaman yang memadai.
  3. Alur Cerita yang Kuat:
    • Alur yang terstruktur dengan baik memastikan pertunjukan memiliki ritme dan ketegangan yang mampu menjaga perhatian penonton dari awal hingga akhir.
  4. Gaya Penulisan:
    • Gaya penulisan yang unik dapat memberikan identitas pada pertunjukan. Pastikan gaya tersebut sesuai dengan visi Anda dan kemampuan tim produksi.

H2: Bagaimana Mengakses Bank Naskah Drama dan Teater?

Ada beberapa cara untuk mengakses bank naskah drama dan teater:
  1. Perpustakaan:
    • Banyak perpustakaan memiliki koleksi naskah drama dan teater yang bisa di pinjam. Ini adalah tempat yang bagus untuk menemukan karya-karya klasik.
  2. Platform Online:
    • Ada banyak situs web yang menyediakan akses ke naskah drama, baik gratis maupun berbayar. Platform ini memudahkan Anda untuk mencari naskah berdasarkan genre, tema, atau penulis tertentu.
  3. Komunitas Teater:
    • Bergabung dengan komunitas teater lokal bisa menjadi cara yang efektif untuk mengakses bank naskah. Anggota komunitas sering berbagi naskah dan memberikan rekomendasi berdasarkan pengalaman mereka.

H3: Memanfaatkan Bank Naskah untuk Karya Anda

Untuk memaksimalkan manfaat dari bank naskah, berikut adalah beberapa tips praktis:
  1. Selalu Terbuka untuk Eksplorasi:
    • Jangan batasi diri pada satu jenis naskah atau gaya penulisan. Eksplorasi berbagai jenis naskah dapat membantu menemukan inspirasi baru.
  2. Berinteraksi dengan Komunitas:
    • Diskusikan naskah yang Anda temukan dengan anggota komunitas atau tim produksi Anda. Kolaborasi dan diskusi sering kali menghasilkan ide-ide baru yang dapat memperkaya pertunjukan.
  3. Evaluasi Secara Rutin:
    • Setelah memilih dan memproduksi naskah, evaluasi hasilnya. Apakah naskah tersebut memenuhi harapan? Apa yang bisa di perbaiki? Ini akan membantu dalam memilih naskah di masa mendatang.

Kesimpulan

Bank naskah drama dan teater merupakan sumber daya berharga bagi para seniman teater. Dengan memanfaatkan berbagai naskah yang tersedia, Anda dapat mengeksplorasi berbagai ide, mengembangkan keterampilan, dan menghasilkan karya yang berkesan. Pastikan Anda menggunakan bank naskah sebagai alat untuk terus berinovasi dan menciptakan pertunjukan yang memukau.

Laman sastra Indonesia hadir sebagai portal yang memungkinkan kita untuk menelusuri, memahami, dan menikmati berbagai karya sastra

Menu Laman Sastra