Jaka Tarub Dadi Duda

Jaka Tarub Dadi Duda (drama bahasa jawa)

JAKA TARUB DADI DUDA  Anonim Dina Jemuah… Suasana sore wis mulai cerah.Udan sing mikine gede….benget be wis mandeg.Srengengene wis mulai katon.Eh…ditambah ana pelangi mentongol neg sisi kulon.Jerene wong-wong tah angger ana pelangi,berarti arep ana bidadari sing arep adus neng bumi.Tapi…bener orane ya mbuh ora ngerti. Selot sowe…bit…semribit ana ambu-ambuan wangi pisan.Ana apa ya?Suara kemrincing…kemrincing genah epor sekang sisi kulon. ADEGAN KE I Byur…Byur…Byur… Widadari Abang : “ Cihuy…Asik…bisa adus maning.Jen banyune seger pisan. Wis seminggu ora adus,awake pada pliket,lah jan…segerepol pokoke lah…” Widadari Jambon : “ Tela iya koh,segere poll.Tapi angger aku ya ora kayak ko.Ko tah dadi Widadari ora tau adus.Mbok siki neng kayangan wis ana pemandian umum.Ora ngerti si…Katro Banget!!! Widadari Kuning : “ Ih…ya ampyun… sapa kue sing jarang adus.ngisin-isina banget dadi widadari.Masa widadari jarang adus.Kyeh…contoh akyu ya…Saben dina ora tau lat Manycure Pedycure.Jen…ambume mbok wangi pisan kaya kiye…” Widadari Ijo : “ Lah…ya wis.Anu kaya kue be debahas.Nyong sing pada bae kaya Abang jarang adus be meneng bae koh…” Widadari Abang : “Duh…Ijo,dadi aku ana batire???Ha…ha…ha…Tos disit yuh…(tos..!!tos..!!tos..!!) Widadari Ijo : ” Tos…!!!” klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya

BACA SELANJUTNYA »

NASKAH DRAMA KESURUPAN ATAWA Inside! Insting! Intrance!

Lakon Remaja KESURUPAN ATAWA Inside! Insting! Intrance! Karya Juma’ali ARIL Tidak ada yang news tentang kesurupanannya Amalia. ANDI Klise. Usang. Basi dan kuno! ADANG Itu yang keliru…pandanganmu harus dibalik! ALIM Ini news-news dan news… ANWAR Lha wong cewek cantik koq bisa kerasukan… ANDI Modusnya lawas! Usang. ARIL Pingsan, kesurupan! Perempuan selalu begitu, untuk menutupi kelemajahnnya memanfaatkan cowok dengan segala kekuatan. Menundukkan herois dan machonya kaum Adam tolol. Oleh karenanya kita akan jadi budak secara tidak langsung ataupun tak langsung. ANWAR Yang paling enak jadi jinnya, untunglah. Kalau begini kenapa saya dulu gak jadi jin, ya!? ANDI Bukan soal jin, perlu dipahami bahwa cantik bukan jaminan kesempurnaan. ARIL Tidak salah! Betul, kan!? ANWAR Inijuga untuk semangat kita-kita, biar ada keberanian naksir cewek cantik! TERTAWA MEREKA MELEDAK. ANDI Yang jelek bukan berarti sempurna.. TERTAWA MAKIN MELEDAK. ARIL Apalagi.. ANWAR Tapi masih dapat poin, walaupun sedikit. Asal punya keberanian. ADISH, CEWEK GENDUT DIANTARA MEREKA PERGI BEGITU SAJA. ADISH Nggak usah ditanggapi.. ANDI Tersinggung.. Kemana? ARIL Mau kesurupan?! ANDI Kesurupan itu cara ampuh untuk jadi terkenal. ARIL Promosi itu butuh modal!? Mahal, kawan. ANWAR Sekarang lagi musimnya, yang audisilah, kontes, kompetisi atau apa saja.. ARIL Modal cupet pengin terkenal..cara praktis ya… BARSAMA-SAMA Kesurupan! ANDI Lantas jadi perhatian, pembicaraan otomatis jadi artis dan selebritis..lantas daftar caleg, cabub, cagub…gampang, kan!? ARIL Kalau meleset malah jadi perek! MEJA YANG LAIN LAGI. klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya

BACA SELANJUTNYA »

NASKAH DRAMA ANAK RANTAU

Lakon Remaja ANAK RANTAU Karya Dian Tri Lestari DRAMATIC PERSONAE 1. AMAR Seorang anak rantau (lelaki, usia 26 tahun), kritis, berpikir bahwa segala peradaban berkiblat pada kebudayaan Eropa, menganggap bahwa adat Melayu (umumnya Indonesia) adalah adat yang membuat orang Melayu tak bisa maju seperti orang-orang Eropa. 2. TOK LAT Ayah Amar (lelaki, 54 tahun) yang pendiam, kurang ekspresif, berpendirian teguh terhadap bangsa Melayu. 3. NAH Ibu Amar (perempuan, 50 tahun) yang cerewet, ramah, senang bicara, mudah senang dan mudah pula sedih, mencintai keluarga sehingga tak peduli ideologi mana yang dipakai anak atau suaminya asalkan keluarga utuh seperti semula. 4. KAMELIA Adik Amar (perempuan, 16 tahun) yang pada akhirnya menentang cara pandang dan ilmu Amar meskipun dia orang yang paling merindukan datangnya Amar ke tanah Melayu, lincah, terbuka pada perbedaan dan kebebasan, namun tetap kukuh pada adat Melayu. 5. WULANDARI Gadis Melayu (perempuan, 18 tahun), disukai oleh Amar, bertutur lemah lembut, selalu tersenyum, gerak lembut gemulai, dan ramah. 6. PAK NGAH Saudara Tok Lat yang tetap menyayangi keluarga Tok Lat meski tidak senang atas perubahan sikap dan sifat Amar, lebih banyak diam seperti Tok Lat. 7. MAK LONG Saudara Tok Lat yang langsung membenci Amar ketika Amar menunjukkan perubahan sikap dan sifat. 8. WAK MINAH Dukun, ramah, senang menolong tanpa mengharapkan imbalan uang ataupun harga diri. 9. SALIM SELAMAT Orang kampung bermulut besar dan humoris. 10. LANGAU Orang kampung, teman Salim Selamat yang masih memiliki akal sehat. 11. UDIN Orang kampung, teman Salim Selamat yang lugu. 12. JADAM Orang kampung 13. ASNAH Orang kampung 14. Siti Orang kampung BABAK 1 LAMPU ON. PANGGUNG MENGGAMBARKAN SUASANA DI RUANG TAMU. RUANGAN TERSEBUT TERDAPAT BEBERAPA PERABOT SEDERHANA, SEPERTI PERANGKAT KURSI TAMU, TIKAR PANDAN, BANTAL, PERANGKAT SIRIH, KALIGRAFI, DAN FOTO KELUARGA. SEORANG LELAKI TUA YANG DIKENAL DENGAN NAMA TOK LAT SEDANG MENGGULUNG TEMBAKAU DI KERTAS, MEMILIN-MILINNYA, MEMBAKAR UJUNG ROKOK DENGAN API, KEMUDIAN DIHISAP. IA DIAM TENANG SAMBIL MENDENGAR SUARA ORANG MENGAJI DI KAMAR DAN SAYUP-SAYUP KERIUHAN PARA IBU YANG MEMASAK DI DAPUR. IA DUDUK CUKUP LAMA DI POJOK RUANGAN MENGHADAP PINTU (KURSI TAMU). SUARA KETUKAN PINTU, KEMUDIAN DISUSUL SAPA ‘ASSALAMU’ALAIKUM’. TOK LAT Wa’alaikum salam warahmatullahiwabarakatuh… TETAP DIAM DI TEMPATNYA. SALAM KEMBALI TERDENGAR. TOK LAT TETAP MENJAWAB JUGA TETAP TAK BERGERAK MEMBUKA PINTU. KETIKA SALAM YANG KE-3, ISTRI TOK LAT KELUAR. NAH Ngape lah tak mau dibukakan pintu orang datang tu? Aku ni tengah besibok di dalam. Dari tadi pagi kau menyirih jak di situ. Tak ade kerje laen ke? Makin anak kau nak datang, makin melarat pemalas kau ni. Macam mane kalo anak kau datang? Bentaaaar… (Membuka pintu, kemudian terdiam karena kaget melihat anaknya berdiri di ambang pintu). Amaaaaaaar…!!! Kuuurs…semangat aku, Naaak. Kau dah balek…Tok Lat, anak kau Tok Lat…anak kau…Amaaar…anak Emak. Dah besak anak Emak. MENDADAK SEMUA ORANG BERKELUARAN MENUJU RUANG TAMU. TOK LAT BERDIRI DAN TERPAKU DI TEMPATNYA. NAH MUNCUL DENGAN MEMBAWA ANAKNYA. DISAMBUT DENGAN MERIAH OLEH SANAK KELUARGA DAN TETANGGA. BERBAGAI PERTANYAAN DIAJUKAN KEPADA AMAR YANG HANYA BISA MENJAWAB ALA KADARNYA. KEMUDIAN MATANYA TERPAKU PADA SANG AYAH YANG BERDIRI MEMATUNG DIDEPANNYA. IA MELEPASKAN TAS DAN DATANG MENCIUM PUNGGUNG TANGAN AYAHNYA. klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya

BACA SELANJUTNYA »
Alkisah Isra' Mi'raj - Naskah Islami

Alkisah Isra’ Mi’raj – Naskah Islami

Alkisah Isra’ Mi’raj Karya: ABBAS MUSTAN BHANSALI Para Pemain 1. COPET I 2. COPET II 3. COPET III 4. COPET IV 5. COPET V 6. PAK KYAI 7. ANAKNYA PAK KYAI 8. JULAIHAH 9. TEMAN-2 JULAIHAH 10. SHUHAIB 11. AMMAR 12. HAMZAH 13. ZUBAIDAH 14. KHANSA’ 15. ABU JAHAL 16. ISTRI ABU JAHAL 17. ABU SUFYAN 18. PARA PENGAWAL ADEGAN PERTAMA LOKASI PADA SEBUAH GANG YANG SEPI DEKAT SEBUAH MASJID PADA SEBUAH PERKAMPUNGAN. TERDENGARLAH BEDUG DIPUKUL LALU DISUSUL DENGAN SUARA ADZAN. NAMPAKLAH SEKUMPULAN 5 ORANG YANG SEDANG BERPESTA DAN BERFOYA-FOYA KARENA MENIKMATI HASIL PERAMPOKAN. COPET III Itu suara apa ? COPET II Suara orang adzan. COPET I Apa ? Suara orang edan ? COPET II Adzan, Goblok ! COPET I Apa ? ( Meniling-nilingkan kepala ) COPET II Adzan, Tuli ?! COPET I Oh, orang adzan. ( Berfikir sejenak ) Adzan itu apa sih ? COPET IV Adzan itu panggilan untuk menjalankan sembahyang. Iya kan ? Benar kan ? COPET V Yoi ?! Bahasa kerennya kata orang Arab, panggilan untuk Sholat. Gitu ?! COPET I Adzan ! Adzan ! Wah baru kali ini aku dengar istilah itu. Kok, hampir sama, ya ? Adzan ! Edan ! COPET IV Husss, dosaaa ! Dosa lho, kamu. COPET V Iye nih. Asal aja kalau ngomong. COPET I Lho, kok dosa ? Ini kan fakta ? Kata adzan aku memang jarang mendengar. Lha, kalau kata edan mah itu sering kudengar. Waktu aku masih di asrama. COPET III Wah, gaya ! Jadi kamu pernah tinggal di asrama ? ……………………………………. klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya

BACA SELANJUTNYA »

NASKAH DRAMA Ayahku Stroke Tapi Nggak Mati

Lakon Drama Remaja Ayahku Stroke Tapi Nggak Mati (Suatu Hari di Bulan Januari) Diinspirasi dari kisah Tawar Menawar dengan Tuhan (Kelly Donald – TEEN INK) Karya Joned Suryatmoko DRAMATIC PERSONAE AYAH MAMA BRAM EMA OPENING RUMAH, DI DAPUR YANG MENYATU DENGAN RUANG MAKAN. PAGI HARI, MASIH SEPI. PEMAIN DIAM DI TEMPATNYA MASING-MASING. MAMA BERDIRI DI DEKAT PENGGORENGAN, AYAH DUDUK DIKURSI MAKAN NYRUPUT KOPI, BRAM BERDIRI DI DEKATNYA SEPERTI MAU MENGUCAPKAN SESUATU. EMA BERDIRI AGAK TERPISAH MENJADI NARATOR. SELAMA EMA BERCERITA TERDENGAR SUARA DETAK JAM. EMA Kalau aku memikirkan keluargaku, aku menganggapnya normal. Kedua orang tua bekerja, meski aku memanggil ibuku dengan sebutan mama dan memanggil bapakku dengan ayah. Tapi selebihnya memang benar-benar wajar. Keluarga dengan satu putri, satu putra, warna pagar rumah yang putih, dapur yang berdekatan dengan ruang makan selayaknya rumah keluarga lain. Kehidupan kami stabil dan mantap, sampai suatu hari di bulan Januari…. SUARA DETAK JAM BERGANTI DERING JAM WEKER. SELURUH AKTIFITAS PAGI MULAI. SEMUA TERTAWA RIANG. SUARA PENGGORENGAN DI WAJAN MAMA LANGSUNG MENYAHUT SRENG…DARI KAMAR BRAM TERDENGAR LAGU POP BERISIK. EMA MUNDUR MENGHAMPIRI BRAM DAN AYAH. BRAM (Sambil menarik kursi untuk duduk) Tapi bagaimana mungkin ayah support MU kalau sebelum siaran langsung itu ayah sudah masuk kamar dan tidur. EMA Malah bagus itu! Ayah tidak ikut-ikutan berisik seperti kamu kalau nonton bola. (mengejek Bram) Gol….Gooollll. BRAM Cewek mana suka sama bola. Kamu yang berisik. EMA Eee…. Siaran langsung bola itu bikin hidup terbalik. Jam tidur dinihari dipakai melek, nonton bola. Makanya bangun siang. BRAM Siaran kemarin juga nggak dini hari kok. Aku bangun pagi. EMA Eee… dibangunin sama mama (Pada Ibu) klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya

BACA SELANJUTNYA »
Naskah Teater Ibu Bumi

Naskah Teater Ibu Bumi

Naskah Teater Ibu Bumi Lakon Remaja Karya Candra Barong Harjanto SUASANA PANGGUNG LENGANG, KASUR KAPAS DITENGAH PANGGUNG. SESEORANG (PEREMPUAN BIJAKSANA SETENGAH TUA) MENARUH LILIN/LAMPU MINYAK PADA POSISI DEPAN, POJOK-POJOK PANGGUNG, SAMBIL MENYEBAR BUNGA. SESEORANG Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. Aku mulai dari sini, Tanah…………. Air,…………….. Udara. TIGA ORANG MASUK LALU-LALANG, BERKATA tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara……. tanah……air,……… udara…….(semakin lama semakin cepat. Seseorang mendekati kasur, membersihkan kasur, merapikan, kemudian menariknya pelan-pelan. ) SESEORANG tanah…… kembalilah ke tanah.air…..kembalilah ke air, udara………kembalilah ke udara.{di ulang 3 kali }tanah,air,udara.kembalikan aku kepadanya,sang pencipta. TIGA ORANG Bolehkah aku bertanya? ORANG 1 eeeeee…..bo…..bo…..bolehkah aku bertanya, siapa kamu, ada sesuatu yang indah, sangat menarik darimi. ORANG 2 Dari manakah kamu? ORANG 3 Aku melihat orang-orang lalu lalang, tanpa tegur sapa. Seperti berhala-berhala yang minta dipuja-puja, apa itu yang disebut keramahan? ORANG 1 Aku merindukan keteduhan jiwa. ORANG 2 Aku mencarinya, berhari-hari, bulan, tahun, dan berabad-abad ORANG 3 Siapa kamu, aku melihat sesuatu nasihat yang terukir dari surga,nasihat cinta ORANG 1 Apakah kamu tanah……… ORANG 2 Kamukah air……… ORANG 3 Barang kali kamu tanah, air, udara, semuanya ada padamu SESEORANG Aku cinta, aku dari cinta, tempat kamu barasal dan akan kembali TIGA ORANG Aku cinta, aku dari cinta, tempat aku berasal dan akan kembali SESEORANG Orang-orang mulai lupa, dari mana mereka berasal dan kemana akan kembali. Orang-orang tinggalkan agama, orang-orang lupa Tuhannya. TIGA ORANG Aku cinta, aku cinta, betapa indah aku, aku cinta, akulah makna…. SESEORANG Ya, Bila cinta adalah nafasmu Aku ingin melarutkan diri di etiap detak jantung Di saat helaan nafas sedih dan gembiramu Aku ingin mengenang, bahwa udara mengawali cinta Entah apa, dimana, bagaimana? Aku ingin mengikuti jejak yang kau sunting lewat tanah Menyemai benih kerinduan Bila aku penguasa cinta Akan aku berikan kasih dan sayang pada orang Yang tulus memaknainya dengan keabadian Agar yang terberai bisa bersatu ORANG 1 Kamukah perempuan yang ku cari? ORANG 2 Aku selalu mengenang dan merindukanmu klik di sini untuk download naskah teater selengkapnya

BACA SELANJUTNYA »
BANK NASKAH DRAMA DAN TEATER: MENGAPA ANDA MEMBUTUHKANNYA Dalam dunia seni pertunjukan, naskah drama dan teater menjadi elemen kunci yang tidak bisa di abaikan. Sebagai pilar utama dalam membangun cerita, karakter, dan alur, naskah ini memandu para aktor dan sutradara untuk menghidupkan sebuah karya di atas panggung. Tanpa naskah yang kuat dan terstruktur dengan baik, pertunjukan teater mungkin kehilangan arah dan dampaknya terhadap penonton.

H2: Apa Itu Bank Naskah Drama dan Teater?

Bank naskah drama dan teater adalah kumpulan naskah-naskah yang bisa di gunakan oleh para seniman teater, baik yang sedang mencari inspirasi maupun yang mempersiapkan produksi. Di dalam bank ini, Anda akan menemukan berbagai genre dan gaya naskah, mulai dari drama klasik hingga karya kontemporer. Dengan memiliki akses ke bank naskah, seniman memiliki kesempatan untuk menjelajahi berbagai narasi dan karakter yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.

H3: Manfaat Memiliki Akses ke Bank Naskah Drama dan Teater

  1. Inspirasi Tanpa Batas:
    • Akses ke berbagai naskah memungkinkan seniman teater untuk mendapatkan inspirasi dari berbagai karya, baik yang klasik maupun modern. Ini memperkaya wawasan mereka tentang berbagai tema dan cara penggarapan cerita.
  2. Efisiensi dalam Produksi:
    • Dengan bank naskah, sutradara dan produser dapat dengan cepat menemukan naskah yang sesuai dengan visi mereka. Ini mempercepat proses pemilihan naskah, sehingga produksi dapat di mulai tanpa penundaan.
  3. Eksplorasi Gaya dan Genre:
    • Seniman teater dapat mengeksplorasi berbagai gaya penulisan dan genre teater. Hal ini tidak hanya menambah variasi dalam pertunjukan mereka, tetapi juga membantu mereka memahami dan menguasai berbagai teknik pementasan.
  4. Peluang Kolaborasi:
    • Bank naskah sering kali menjadi titik awal untuk kolaborasi antara penulis naskah, sutradara, dan aktor. Dengan banyaknya naskah yang tersedia, berbagai ide dan interpretasi baru bisa muncul, menciptakan karya yang unik dan menarik.

H2: Bagaimana Cara Memilih Naskah dari Bank Naskah?

Memilih naskah yang tepat memerlukan pemahaman mendalam tentang visi artistik yang ingin di capai. Pertimbangkan faktor-faktor berikut:
  1. Tema yang Relevan:
    • Pilih naskah yang memiliki tema relevan dengan penonton atau isu yang ingin di angkat. Tema yang kuat dapat menjadikan pertunjukan lebih bermakna dan mempengaruhi audiens secara emosional.
  2. Karakter yang Menarik:
    • Karakter yang kompleks dan menarik memberikan ruang bagi aktor untuk menampilkan kemampuan terbaik mereka. Naskah yang baik harus mampu menggambarkan karakter dengan kedalaman yang memadai.
  3. Alur Cerita yang Kuat:
    • Alur yang terstruktur dengan baik memastikan pertunjukan memiliki ritme dan ketegangan yang mampu menjaga perhatian penonton dari awal hingga akhir.
  4. Gaya Penulisan:
    • Gaya penulisan yang unik dapat memberikan identitas pada pertunjukan. Pastikan gaya tersebut sesuai dengan visi Anda dan kemampuan tim produksi.

H2: Bagaimana Mengakses Bank Naskah Drama dan Teater?

Ada beberapa cara untuk mengakses bank naskah drama dan teater:
  1. Perpustakaan:
    • Banyak perpustakaan memiliki koleksi naskah drama dan teater yang bisa di pinjam. Ini adalah tempat yang bagus untuk menemukan karya-karya klasik.
  2. Platform Online:
    • Ada banyak situs web yang menyediakan akses ke naskah drama, baik gratis maupun berbayar. Platform ini memudahkan Anda untuk mencari naskah berdasarkan genre, tema, atau penulis tertentu.
  3. Komunitas Teater:
    • Bergabung dengan komunitas teater lokal bisa menjadi cara yang efektif untuk mengakses bank naskah. Anggota komunitas sering berbagi naskah dan memberikan rekomendasi berdasarkan pengalaman mereka.

H3: Memanfaatkan Bank Naskah untuk Karya Anda

Untuk memaksimalkan manfaat dari bank naskah, berikut adalah beberapa tips praktis:
  1. Selalu Terbuka untuk Eksplorasi:
    • Jangan batasi diri pada satu jenis naskah atau gaya penulisan. Eksplorasi berbagai jenis naskah dapat membantu menemukan inspirasi baru.
  2. Berinteraksi dengan Komunitas:
    • Diskusikan naskah yang Anda temukan dengan anggota komunitas atau tim produksi Anda. Kolaborasi dan diskusi sering kali menghasilkan ide-ide baru yang dapat memperkaya pertunjukan.
  3. Evaluasi Secara Rutin:
    • Setelah memilih dan memproduksi naskah, evaluasi hasilnya. Apakah naskah tersebut memenuhi harapan? Apa yang bisa di perbaiki? Ini akan membantu dalam memilih naskah di masa mendatang.

Kesimpulan

Bank naskah drama dan teater merupakan sumber daya berharga bagi para seniman teater. Dengan memanfaatkan berbagai naskah yang tersedia, Anda dapat mengeksplorasi berbagai ide, mengembangkan keterampilan, dan menghasilkan karya yang berkesan. Pastikan Anda menggunakan bank naskah sebagai alat untuk terus berinovasi dan menciptakan pertunjukan yang memukau.

Laman sastra Indonesia hadir sebagai portal yang memungkinkan kita untuk menelusuri, memahami, dan menikmati berbagai karya sastra

Menu Laman Sastra